Ikatan Pilot Indonesia – Tahun ini PN Indo yang merupakan sebuah organisasi perkumpulan mahasiswa penerbangan se-Indonesia kembali menyelenggarakan acara tahunan “Aero Leadership Camp 2018” berlangsung selama tiga hari di Universitas STPI Curug, Serdang wetan, Tangerang, Banten, Yang sebelumnya di adakan di Yogyakarta.

Acara yang diselenggarakan pada tanggal 26-28 Oktober 2018 di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia dan dihadiri oleh lebih dari 180 mahasiswa penerbangan yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dengan fakultas maupun jurusan berlatar belakang penerbangan.

Aero Leadership Camp 2018 yang bertema “Membentuk Insan Dirgantara yang Siap Mewujudkan Mimpi Bangsa” terdiri dari kegiatan Seminar, Focus Group Discussion, Outbound & Character Building, kunjungan industri dan Malam Sumpah Pemuda sebagai puncak acaranya.

Acara ini didukung pula oleh praktisi-praktisi dan pakar dirgantara nasional dari berbagai latar belakang, diantaranya adalah Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim yang juga merupakan dewan kehormatan PN INDO, Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, dan perwakilan dari industri-industri penerbangan serta konsultan Leadership guna mengembangkan dan mensinergikan wawasan serta kepribadian Insan Dirgantara Muda Indonesia agar menjadi pelaku/pakar Kedirgantaraan Indonesia yang memiliki nilai bersaing tinggi secara global di masa mendatang.

Diadakan kegiatan ini untuk memberikan bekal bagi para peserta dalam bidang kepemimpinan, khususnya kepemimpinan yang mempunyai perspektif di bidang penerbangan.

Output dari Aero Leadership Camp 2018 adalah untuk mensinergikan insan dirgantara sedari dini untuk mempermudah segala proses kedepannya. Seperti kita ketahui belakangan ini sudah berkembang beberapa bandara internasional di Indonesia, dengan itu juga kita membutuhkan SDM yang berkualitas.

Dengan adanya Aero Leadership Camp 2018, kita dapat membentuk karakter dalam hal kepemimpinan dan melatih soft skill insan dirgantara muda agar mereka dapat saling bersinergi satu sama lain. Hal ini bertujuan agar kedepannya insan dirgantara siap menghadapi dan membangun dunia penerbangan Indonesia. Selain itu, output dari kegiatan ini juga ialah mempererat tali silaturahim antara individu-individu dari berbagai instansi perguruan tinggi berlatar belakang penerbangan

“Kedirgantaraan merupakan unsur yang penting dalam mencapai tujuan nasional Indonesia. Tantangan dunia penerbangan di Indonesia ke depan sangat kompleks, oleh karena itu pemuda Indonesia khususnya di bidang penerbangan wajib menguasai kepemimpinan” ujar Alfian, Mahasiswa STPI Curug, Tangerang Banten.

Salah satu narasumber, Salahudin Rafi sebagai Ketua Umum ( Ketum ) Ikatan Alumni Curug ( IAC ) dalam pemaparannya mengatakan bahwa tantangan penerbangan di Indonesia kedepan sangat kompleks, oleh karena itu pemuda Indonesia khususnya di bidang penerbangan wajib menjadi problem solver dengan kemampuan leadership yang matang dan tangguh.

”Kalian harus menjadi pemimpin yang tidak mudah menyerah, tegas, bertanggung jawab, mempunyai martabat, serta mempunyai prinsip”, ujar lelaki yang juga Mantan Direktur PT Angkasa Pura ( AP ) II.

Sumber : IPI / Ridwan

Recent Comments

    WhatsApp chat