Pada tanggal 13 Mei 2019 IPI yang diwakili oleh Capt. Cecep dari komite AAP dan Capt. Didit dari komite AGE menghadiri acara Indonesia Safety Meeting yang diadakan Angkasa Pura 2 bertempat di Auditorium I, gedung 600 Bandara Soekarno Hatta. Adapun kesimpulan dari acara tersebut antara lain :

  1. Occurance yang paling tinggi adalah terjadi pada phase turn around activities (pelayanan pesawat udara di ground) sehingga perlu dilakukan upaya-upaya mitigasi agar kejadian dapat diminimalisir.
  2. Regulator agar menetapkan kriteria dan batasan yang jelas terhadap kejadian ground collision sebagai acuan untuk menetapkan Safety Performance Indicator.
  3. Operator bandara (AP1 dan AP2) dalam melaksanakan kegiatan Airport Emergency Excersice agar melibatkan Airline sebagai pelaku dalam latihan tersebut sehingga dokumen ERP airlines dapat disinkronkan dengan dokumen AEP bandara.
  4. AP1, AP2, AirNav, Airlines dan Ground Handling dapat membuat Working Paper untuk dibahas dalam Working Group selanjutnya dan rekomendasinya akan dibahas pada kegiatan Safety Review Meeting bersama regulator.
  5. Video Airside Safety Awareness akan diberikan kepada seluruh stakeholder dan di pasang di lokasi-lokasi strategis di Apron setelah dilakukan update.
  6. AP1, AP2 dan Airnav masih membangun reporting system yang mudah digunakan oleh seluruh personil
WhatsApp chat