Pada tanggal 14 Maret 2019 IPI yang diwakili oleh Capt. Cecep dari komite AAP menghadiri acara FGD mengenai Go Around sebagai Narasumber diadakan AirNav. . Adapun kesimpulan dari acara tersebut antara lain :

  1. Seluruh stakeholder akan berupaya untuk melakukan pembahasan secara internal untuk menentukan root cause serta mitigasi dari kejadian go around.
  2. Masing-masing stakeholder membuat data kejadian Go Around hasil root cause dan mitigasinya yang akan dibahas bersama-sama pada pertemuan lebih lanju
  3. Go around yang terjadi oleh airlaie dan didukung oleh stakeholder merupakan tindakan penyelamatan pengoperasian penerbangan. Kejadian tersebut harus dilaporkan oleh masingmasing stakeholder dengan cara internal dan Perum LPPNPI menggunakan system EFFORT yang voluntary dapat dibagikan kepada stakeholder lainnya untuk pembelajaran Bersama (saat kejadian go around pilot wajib melaporkan inisial penyebab Go Around).
  4. Sudut slope antara ILS dan PAPI yang tidak sinkron (menyebabkan Go Around) perlu dilaporkan dan dilakukan kalibrasi ulang oleh para pihak.
  5. Upaya pengukuran standing water di runway, BMKG dan PT Angkasa Pura akan melakukan kajian Bersama dengan Lembaga lain.
  6. Dalam pelaksanaan investigasi Go Around yang merupakan kontribusi dari Perum LPPNPI, seluruh stakeholder terkait akan diikutsertakan atau dilakukan invetigasi bersama.
  7. Sebagai upaya untuk mengurangi kejadian Go Around, para stakeholder telah membuat berbagai upaya antara lain dengan mengaplikasikan FOD detection, rencana kegiatan runway inspection dengan drone secara mobile, mengoptimalkan informasi weather dan optimalisasi aplikasi EFFORT.
  8. Rapat lanjutan akan dilaksanakan di PT Angkasa Pura II (Persero) pada bulan April 2019 dengan mengundang DNP, DBU, SSP, KNKT, BMKG dan operator.

 

WhatsApp chat