Memasuki awal tahun 2018, Kamis (11/01) organisasi pilot yang tergabung di Ikatan Pilot Indonesia menyelenggarakan kongres ke 3 di Gedung Persada, Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Hadir berbagai undangan dari berbagai instansi pemerintah, maskapai penerbangan dan organisasi profesi sebagai wujud dukungan bagi IPI yang baru lahir di tahun 2016.

Kongres diawali dengan dengan sambutan oleh anggota Wantimpres Ir. Suharso Monoarfa, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pilot Indonesia atas dedikasinya dalam profesi. IPI juga diingatkan untuk siap dalam persaingan global profesi karena adanya tenaga kerja lintas negara.

WAKASAU Maksekal Madya Yuyu Sutisna hadir mewakili Panglima TNI/ KASAU Marsekal Hadi Tjahjanto yang secara resmi membuka kongres ke 3 IPI.

Dalam sambutan tertulis KASAU memberikan apresiasi karena telah terjalin kerjasama yang baik dan harmonis antara TNI-AU dengan IPI seraya mengingatkan, bahwa pilot Indonesia adalah komponen penting sebagai cadangan matra udara dalam mendukung pertahanan negara.

Diantara para undangan yang hadir anggota DPR Komisi V Nurhayati, Anggota Obdudsman Alvin lie, Direktur Utama Trigana Capt. Rubyanto, Dirut Batik Air Capt. Lutfie, Presiden APG Capt. Bintang Hardiono, Dirops Batik Air Capt. I Putu Wijaya, Dirops Lion Air Capt. Zwingli Silalahi, Dirops Trigana Capt. Beni, Dirops AP 1 Wendo Asrul, AP2 diwakili Maman S, Kepala HATPEN Capt. Avirianto, serta perwakilan dari berbagai instansi dan organisasi, PERDOSPSI, BNN , IATCA , AIRNAV dan BASARNAS, STPI, IAAW.

Selanjutnya di sesi kedua disampaikan laporan kerja & keuangan Badan Pengurus( BP) tahun 2017 yang diterima dan disahkan pada kongres dan program kerja yang diamanatkan kongres kepada BP ditahun 2018.

Kongres juga diisi pembekalan kepada peserta berupa kampanye anti narkoba oleh Wanda Hamida dan Steve Jhon dari yayasan Lingkaran Indonesia,  pengembangan general aviation oleh Gerry soedjatman dari AOPA Indonesia,  pemaparan kebutuhan pilot Indonesia oleh asosiasi sekolah penerbangan Indonesia (PIP2I) Karin Item dan fasilitas kesehatan penerbangan dari RS. Royal Taruma oleh dr. Retno drsp.

Anggota yang hadir saat kongres ikut menyampaikan berbagai usulan  untuk dijadikan agenda kerja dan mengharapkan IPI memberikan konttibusi positif dan solusi bagi kemajuan  di dunia aviasi Indonesia.

Menjelang petang kongres ditutup oleh Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara ( DKUPPU) Ir. Musafar Ismail yang mewakili Mentri Perhubungan dan didampingi oleh Capt. Bambang Adi Surya sebagai Ketua Umum IPI. (*)

[cs_slider cs_slider_id=”kongres-3-ipi”]

 

Rekaman Live Video Kongres Ikatan Indonesia III

WhatsApp chat