HIMBAUAN KESELAMATAN PENERBANGAN IKATAN PILOT INDONESIA
Perihal : BALON UDARA LIAR

Selamat pagi rekan Aviasi Indonesia, para penerbang khususnya, masih dalam suasana Hari Raya, perkenankan kami Badan Pengurus Ikatan Pilot Indonesia mengucapkan Selamat Idul Fitri 1439 Hijriah, bagi rekan rekan yang merayakan.

Dalam suasana liburan dengan padatnya tingkat penerbangan ini, dalam beberapa hari belakangan terdapat laporan mengenai Balon Udara yang terbang secara liar di area route penerbangan, sebagai akibat dari kegiatan sejumlah daerah yang rutin di lakukan menyambut Hari Raya. Berbagai upaya telah di lakukan oleh pihak berwenang, seperti kita ketahui, namun tetap tidak dapat di pungkiri bahwa hal tersebut tetap ada.

Ikatan Pilot Indonesia menghimbau rekan rekan penerbang yang melintasi route area seperti yang telah dilaporkan tersebut namun tidak terbatas pula area tersebut untuk meningkatkan kewaspadaannya (safety awareness) dan membuat laporan pandangan mata secara langsung (Pilot Report/Pirep) kepada unit petugas layanan navigasi (ATC) sehingga dapat termonitor.

Beberapa area yang telah di laporkan di antaranya rute
⁃ W 17 (Poin Gepak-CLP VOR)
⁃ W 17S (CLP VOR – CA NDB)
⁃ M 766 / W 16 (SBR VOR – Cucut – Madin)
⁃ M 635 / W 45 (SBR VOR – Entas – BLI VOR)
⁃ W 33 (SBR VOR – BLI VOR)
⁃ W 52 (ANY VOR – Lasem – Siput – Solom)

Ketinggian hingga FL 600, pelepasan area Balon dalam radius 25NM meliputi area
⁃ Kebumen
⁃ Batang
⁃ Ambarawa
⁃ Hamol
⁃ BA NDB
⁃ ANY VOR
⁃ Rabol

Sekali lagi informasi tidak terbatas dengan area tersebut di atas karena kemungkinan pergerakan Balon udara liar tergantung arah dan kecepatan angin, sehingga laporan rekan rekan penerbang sangat membantu meningkatkan kewaspadaan dan keselamatan penerbangan Indonesia.

 

Capt. Aditya Barlianto
TD 2 IPI

Recent Comments